Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G LTE di Android

SmartPulsa88 - Memang benar-benar nih... perkembangan teknologi. Perasaan baru kemarin membeli handphone Android yang memiliki fitur dengan koneksi internet 3G, HSDPA dan HSUPA, eee... sekarang sudah keluar lagi handphone Android yang spesifikasinya lebih mumpuni yang sudah dilengkapi dengan fitur koneksi internet 4G-LTE.
cara Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G-LTE di Android
Demikianlah gambaran mengenai perkembangan yang terjadi dalam dunia teknologi per-handphone-nan saat ini. Sama halnya dengan perkembangan teknologi jaringan komunikasi seluler, yang pada awalnya kita hanya mengenal dan menggunankan jaringan 2G, 2.5G, 3G, 3.5G, kini sudah mulai merambah ke jaringan yang diklaim berkecepatan tinggi, yaitu jaringan 4G-LTE.

Baca juga: Tips Agar Internet Cepat, Stabil dan Lancar di Android

Perkembangan Teknologi Jaringan

Dari sekelumit penjelasan mengenai perkembangan teknologi 4G-LTE diatas, maka secara otomatis akan di ikuti oleh para produsen handphone dan juga operator seluler yang berperan sebagai penyedia jasa layanan jaringan telekomunikasi (internet). Jadi tak heran jika saat ini banyak produsen handphone maupun operator seluler yang gencar memprosikan produk 4G-LTE-nya.

Baca juga: Harga Paket Internet 4G-LTE All Operator

Nah... sampailah kita pada pokok pembahasan, yaitu Cara Merubah Jaringan Internet 2G / 3G ke 4G-LTE di Semua Merk dan Tipe Handphone Android. Namun sebelum Anda melakukan perubahan jaringan internet 2G / 3G menjadi 4G-LTE, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, diantaranya;
● Handphone maupun Smartphone Android yang Anda gunakan sudah support (mendukung) 4G-LTE.
● Kartu SIM (Subscriber Identity Module) dari Operator Seluler yang Anda gunakan sudah support (mendukung) 4G-LTE.
● Dan pastinya di sekitar wilayah maupun lokasi tempat tinggal Anda sudah terjangkau layanan jaringan internet 4G-LTE.
Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Jadi tanpa adanya dukungan dari ke-tiga hal diatas itu artinya Anda belum bisa menggunakan atau belum bisa menikmati layanan internet di jaringan 4G-LTE yang super cepat ini. Namun jika sekiranya semua sudah mendukung dan Anda ingin menikmati layanan internet berkecepatan tinggi tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah cara merubah jaringan internet dari 2G / 3G menjadi 4G-LTE berikut ini;

Cara Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G-LTE di Android

Cara yang pertama:

# Masuk ke Menu Pengaturan (Setting) yang ada di Handphone maupun Smartphone Android Anda.

# Pilih dan buka Tap Jaringan Seluler (Wireless and Networks).

# Kemudian pilih dan buka Tap Kartu SIM yang Anda gunakan untuk internet.

# Lalu pilih dan buka Jaringan Seluler (Mobile Network) untuk mengatur pilihan jenis jaringan atau memilih Tipe Jaringan Prioritas.

# Terakhir pilih saja Jaringan 4G-LTE Only, jika Anda hanya ingin menggunakan jaringan 4G-LTE saja. Dan apabila Anda menginginkan disemua Jaringan (2G, 3G dan 4G) pilih saja GSM/WCDMA/LTE.
cara Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G-LTE di Android
# Setelah itu tunggu hingga proses perubahan Jaringan selesai.

Cara yang kedua:

Selain dengan menggunakan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara yang mungkin lebih simpel, jika dibanding dengan cara yang pertama dan berikut langkah-langkahnya;

# Seperti halnya Anda akan mengecek pulsa melalui Dial-USSD, ketik: *#*#4636#*#* lalu tekan Call/Yes/Ok, maka akan muncuk Pop Up Menu Testing.

# Kemudian pilih Informasi Telepon (Phone Information), jika Handphone maupun Smartphone Android Anda menggunakan Dual SIM silahkan pilih saja kartu SIM yang digunakan untuk internet.

# Lalu cari dan pilih Setelan Pilihan Jenis Jaringan (Set Preferred Network Type) dan kemudian pilih saja Jaringan 4G-LTE Only, jika Anda hanya menginginkan menggunakan jaringan 4G-LTE saja. Dan apabila Anda menginginkan disemua Jaringan (2G, 3G dan 4G) pilih saja GSM/WCDMA/LTE.
cara Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G-LTE di Android
# Setelah itu tunggu hingga proses perubahan Jaringan selesai.

Nah... begitulah cara Merubah Jaringan Data Internet dari 2G / 3G ke Jaringan 4G-LTE di Android. Namun perlu Saya tambahkan sedikit bahwa berbeda merk dan tipe Handphone yang Anda gunakan, maka akan berbeda pula cara merubah setingannya, akan tetapi pada dasarnya sama.

Sekian dan TerimaKasih